Senin, 18 Desember 2017

mubtada dan khabar


A.Pengertian Mubtada dan Khabar
Mubtada adalah isim ma’rifah yang dirafa dan berada di awal kalimat, sedangkan khabar  adalah  isim yang dirafa atau jumlah atau syibhul jumlah yang menjelaskan mubtada.[1] Mubtada dan khabar merupakan dua posisi kata dalam kalimat bahasa Arab yang saling membutuhkan satu sama lain. Mubtada merupakan posisi kata benda pada awal kalimat, dan khabar merupakan kata pelengkap dari kalimat yang diawali dengan isim. Kalau dalam bahasa Indonesia dapat disepadankan dengan struktur kalimat yang terdiri dari subjek dan predikat. Mubtada adalah subjek dan khabar adalah predikat.

B. Kesesuaian antara mubtada dan khabar
Antara mubtada dan khabar, ada beberapa hal yang harus disesuaikan dan adapula yang mesti tidak disesuaikan, yaitu:
1.      Khabar disesuaikan dengan mubtada dari segi bentuk mufrad, mus|anna, dan jamaknya jika khabar itu terdiri dari kata sifat dan profesi, kecuali apabila khabarnya berbentuk jamak taksir yang tidak berakal.
Contoh:

Tas itu murah
الشنطة رخيصة
2 insinyur laki-laki itu cerdas
المهندسان ذكيان
Buku-buku itu baru
الكُتُبُ جديدة

2.      Khabar disesuaikan dengan mubtada dari segi jenis kelamin antara muz|akkar dan muannas|nya apabila khabar itu terdiri dari kata sifat dan profesi, kecuali bentuk jamak muannas| salim yang terdiri dari kata-kata yang tidak berakal. Contoh:
Anak laki-laki itu pemberani
الولد شجّاع
Mobil-mobil itu mahal
السيارات غالية
Aisyah itu cantik
عائشة جميلة

3.      Mabtada dan khabar hukum i’rabnya marfu’. Contoh:
Piring itu bersih
الصّحْنُ نَظِيْفٌ
Ilmu adalah cahaya
االعِلْمُ نُورٌ
2 buku itu baru
الكتابان جديدان

4.      Apabila khabar terdiri dari jumlah fi’liyah maka failnya harus disesuaikan dengan mubtada, baik dari segi bentuk maupun jenisnya, kecuali apabila mubtada itu berupa jamak taksir yang tidak berakal, maka failnya terdiri dari d}amir mufrad muannas|. Contoh:
Ustadz itu sedang shalat
الأستاذ يُصلى
Orang-orang muslim itu sedang shalat
المسلمون يصلون
Berita-berita itu tersebar di dunia
الأخْبارُ تَنْتَشِرُ فى العالمِ

5.      Apabila khabar itu terdiri dari isim jamid, maka khabarnya disesuaikan dengan mubtada dari segi jenisnya. Contoh:
Janji adalah utang
الوعد دَيْنٌ
Ilmu adalah cahaya
العِلمُ نور
Engkau adalah matahari
أنتَ شمْسٌ

C. Bentuk- bentuk kata benda (isim) yang dapat berposisi sebagai mubtada
Isim yang dapat berposisi sebagai mubtada pada umumnya adalah isim-isim ma’rifah dan sebagian kecil ada yang terdiri dari isim nakirah. Adapun isim-isim ma’rifah yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1.      Isim yang ber-alif lam (ال)
Isim yang ber-alif lam adalah isim yang ditambahkan alif lam pada awalnya, sehingga termasuk salah satu isim ma’rifah dan dapat berposisi sebagai mubtada. Isim yang dapat dimasuki alif lam adalah seluruh isim z|ahir kecuali isim ‘alam. Isim-isim tersebut terdiri dari isim mufrad, mus|anna dan jamak muz|akkar salim serta jamak muannas| salim. Adapun contohnya yaitu:
Hakim itu adil
القاضى عادِلٌ
Sekolah itu luas
المدرسة واسعة
Dua pemuda itu beriman
الفَتَيَانِ مؤمنان

2.      Isim ‘alam (إسم العلم)
Isim ‘alam terdiri dari isim mufrad, Isim mus|anna, jamak taksir, jamak muannas| salim, dan jamak muz|akkar salim yang dapat berupa nama orang, nama negara, nama kota dll. Isim ‘alam tidak boleh mendapatkan tambahan alif lam (ال) pada awalnya seperti مكة – أحمد- فاطمة  dan sebaliknya apabila isim ‘alam itu memiliki alif lam, maka alif lamnya tetap mengiringinya selamanya sepertiالقاهرة   المدينة – السعودية -
Adapun contoh isim ‘alam yang berposisi sebagai mubtada:
مبتدأ (اسم العلم) + خبر
Ahmad itu cerdas
أَحمدُ ذَكِي
Ali berada di depan kelas
علِيٌّ أمام فى الفصل
Jepang adalah sebuah negara maju
يابانُ بَلْدَةٌ مُقَدِّمَةٌ

2. isim d}amir (إسم ضمير)
Isim d}amir  yang dapat menduduki posisi sebagai mubtada hanya kata ganti yang terpisah atau tidak bersambung (ضمير منفصل). Adapun contohnya yaitu:
Dia adalah seorang siswa
هو طالب
Mereka adalah para guru laki-laki
هم مدرّسون
Kalian adalah para wanita terampil
أنتنّ ماهرات

3.      Isim yang mud}af
Isim mud}af adalah isim yang tidak berdiri sendiri tetapi selalu bergandengan dengan isim yang ditempatkan setelahnya. Isim yang terdapat setelah isim mud}af disebut mudafun ilahi. Isim mudaf tidak boleh bertanwin sedangkan mudafun ilah harus majrur, apabila berbentuk mus|anna dan jamak muz|akkar salim, maka nun-nya dibuang. Adapun contohnya yaitu:
Bukunya guru itu baru
كتاب المدرّس جديد
Mobilnya pegawai laki-laki itu murah
سيارة الموظف غالية
Bajunya siswa perempuan itu murah
قميص الطالبة رخيص

4.      Isim isyarah (إسم الإشارة)
Isim isyarah adalah kata tunjuk. Adapun contohnya apabila berposisi sebagai mubtada yaitu:
Ini sebuah pulpen
هذا قلم
Ini adalah papan tulis
هذه سبورة
Mereka itu adalah para ulama
أولئك علماء

5.      Isim mausul (إسم الموصول)
Isim maus}ul adalah kata penghubung yang apabila ditempatkan sebagai mubtada maka isim maus}ul tersebut langsung diletakkan di awal kalimat tanpa ada syihul jumlah yang berfungsi sebagai s}ilah maus}ul, kemudian baru khabarnya. Adapun contohnya yaitu:
Orang yang sedang bercakap bahasa Arab adalah siswa perempuan
التى تتكلّم اللغة العربية طالبٌة
Orang yang keluar dari kelas berkali-kali adalah orang yang malas
الذى خرج من الفصل مرارا فهو كسلان
Dua orang laki-laki yang keluar dari kelas berkali kali adalah orang yang malas
اللذان خرجا من الفصل مرارا فهما كسلان

D.Bentuk-bentuk kata yang dapat berposisi sebagai khabar
Khabar pada jumlah ismiyah terdiri dari tiga kelompok yaitu:
a.       Khabar mufrad, contoh: الطالبة ماهرة - العلم نور
b.      Khabar jumlah (kalimat), contoh: الغرفة لونها أبيض – التلميذ يكتب الدرس
c.       khabar syibhul jumlah, contoh : الدراجة امام البيت –  البقال فى السوق
E.   Syarat – syarat mubtada yang boleh terdiri dari isim nakirah
Mubtada pada umumnya berbentuk isim ma’rifah , namun adakalanya berbentuk  isim nakirah  apabila memenuhi beberapa persyaratan. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin menjadikan isim nakirah berposisi sebagai mubtada yaitu:
1.      Isim maus}uf  (kata benda yang memiliki sifat) nakirah  yang berposisi sebagai mubtada, contoh: طالِبٌ ذَكِيٌّ حَاضِرٌ
2.      Isim mud}af  yang bermakna لِلتَّخْصِيْصِ (pengkhususan) bukan mud}af ma’rifah, contoh: كِتابُ تِلْمِيْذٍ جَدِيْدٌ   
3.      Apabila terdiri dari isim istifha>m (kata tanya), contoh: مَنْ حَضَرَ فى الفَصْل
4.      Apabila khabarnya terdiri dari syibhul jumlah (jar majrur atau z|arfun) yang didahulukan dari mubtada, contoh: فى المَدْرَسَةِ تَلامِيْذُ
5.      Apabila khabarnya lebih ditekankan dalam kalimat dari pada mubtada dengan cara menggunakan kata إنّما atau huruf nafi (النّفْيُ) yang berpasangan dengan huruf kecuali إلاّ, contoh: إنّما رَجُلٌ مُسافِرٌ
6.      Apabila mubtadanya terdiri dari isim yang menunjukkan doa, contoh: سَلامٌ عَلى إبراهيم
7.      Apabila mubtadanya terdiri dari isim yang menunjukkan arti sebagian (بَعْضٌ)  dan keseluruhan (كُلُّ), contoh: كُلٌّ ناجِحٌ
8.      Apabila mubtadanya dimasuki lam ibtida (لام الإبْتِداءِ), contoh: لَمُؤمِنٌ شَاكِرٌ
9.      Apabila jumlah ismiyah yang  mubtadanya adalah ma> (ما) nakirah, yang berarti التعجّبية contoh: ما أَنْفَعَ العلمَ
F.   Mendahulukan Khabar dari Mubtada
Dalam sruktur jumlah ismiyah ada saatnya khabar didahulukan dari mubtada. Hal ini dikenal dengan istilah khabar muqaddam. Ada beberapa alasan khabar yang didahulukan dari mubtada yaitu:
1.      Apabila mubtada itu dalam bentuk nakirah dan khabarnya terdiri dari syibhul jumlah, contoh:
- فى السوق تُجّارٌ
- أمام المسجد درّاجةٌ
- تحت الشجرة سيّارةٌ
2.      Apabila mubtada bersambung dengan dhamir yang merupakan kata ganti dari khabar. Contoh:
- فى المدرسة حديقتُها
- مع الشّيخ وَلدُه
- للكتاب فصولُه
3.      Apabila khabar itu terdiri dari kata-kata yang selalu berposisi sebagai kata pertama dalam kalimat (الصَّدارَةُ) seperti kata tanya dan kata syarat
Contoh: مَنْ فى البيت – ماذا فى شَنْطَتِكَ
4.      Apabila khabar itu ditekankan dalam kalimat dengan cara menggunakan huruf nafi> yang berpasangan dengan istis|na atau ditekankan dalam kalimat dengan mengawali kalimat jumlah ismiyah dengan kata إنّما , contoh: إنّما طالبٌ يدرس – ما مُسافرٌ إلى الخَارِجِيّةِ إلاّ غَنِيٌّ  
G.  Mubtada kadang-kadang dijatuhkan dalam kalimat
Ada beberapa alasan mubtada dijatuhkan dalam kalimat, yaitu:
1.      Apabila kalimat jumlah ismiyah itu terdiri dari jawaban dari sebuah pertanyaan, contoh:
- السئال: أين الطبيب؟ الجواب: فى المستشفى = (هو فى المستشفى)
- السئال: إلى أين الطالب؟ الجواب: إلى الجامعة = (هو إلى الجامعة)
2.      Apabila khabar dari kalimat jumlah ismiyah itu terdiri dari s}ifat yang terputus (الصِّفَةُ المَقْطُوْعَةُ), maksudnya adalah si pembicara itu bermaksud memuji (لِلْمَدَحِ) yang memiliki sifat atau mencelanya (لِلذَّمِّ) atau menaruh rasa kasihan (لِلتَّرَحُّمِ)  terhadapnya. Contoh:
رأيتُ عَلِيَّا الشُّجّاعُ = هو الشجاع
3.      Apabila khabar terdiri dari judul suatu pembahasan, contoh:
- علمُ النحوِ =هذا علم النحو 
- الباب الأول= هذا الباب الأول
4.      Apabila khabar terdiri dari masdar yang bermakna kata kerja, contoh:
- قِراءةٌ واضحةٌ = قراءتك قراءة واضحة
- فِكْرَةٌ صالِحَةٌ = فكرتك فكرة صالحة
H. khabar kadang-kadang dijatuhkan dalam kalimat jumlah ismiyah
            Ada beberapa tempat bagi khabar dalam kalimat bahasa Arab yang terdiri dari jumlah ismiyah, di mana khabar dijatuhkan yaitu:
1.      Apabila jumlah ismiyah itu terdiri dari jawaban pertanyaan maka kadang-kadang khabarnya dijatuhkan. Contoh:
- من فى الإدارة ؟ فاطمة, أصلها = فاطمة فى الإدارة
- كم كتابا فى حَقِيْبَتِكَ ؟ ثلاثة كُتُبٍ, أصلها = ثلاثة كتب فى حقيبتك
- ماذا فى جَيْبِكَ ؟ الفُلوْسُ, أصلها = الفلوس فى جيبى
2. Apabila jumlah ismiyah diawali dengan kata لولا maka khabarnya dijatuhkan, contoh:
- لولا العلمُ لَهَلَكَ الجُهَلاَءُ, أصلها = لولا العلم (موجودٌ) لَهَلك الجهلاء
- لولا العَقْلُ لَكانَ النّاسُ كَلبَهائِمِ, أصلها =  لولا العَقْلُ (موجود) لَكانَ النّاسُ كَلبَهائِمِ
 3. Apabila khabar itu terdiri dari tempat kembalinya khabar syibhul jumlah dari jar majrur dan z|arf. Contoh:
- التّجار فى السوق = التجار+ (خبرٌ مَحْذوفٌ : كائِنون/ مَوْجودونَ) فى السوق
- الموظّفون فى الإدارة = الموظفون + (خبرٌ مَحْذوفٌ : كائِنون/ مَوْجودونَ) فى الإدارة
- الشَّجَرَةُ جانِبَ الحَديقةِ = الشجرة + (خبرٌ مَحْذوفٌ : كائِنة/ مَوْجودة) فى الحديقة


I. Mubtada adakalanya tidak membutuhkan khabar
            Mubtada adakalanya tidak membutuhkan khabar, tetapi ia membutuhkan fail ((فاعل, naibul fail (نائب الفاعل) atau hal (حال) yang disebut dengan penghalang khabar (سَدَّ مَسَدَّ الخَبَرُ) yaitu:
1.      mubtada yang tidak membutuhkan khabar ini adalah mubtada yang terdiri dari isim musytaq yang beralif lam dan didahului huruf nafi> .
contoh:
- ما المطْلوبُ إلاّ مَرْضاتُ اللهِ (فاعلٌ سدّ مسدّ الخبرِ)
- وما المُعْطِى الرِّزْقَ إلاّ اللهُ (فاعلٌ سدّ مسدّ الخبرِ)
2. mubtada yang membutuhkan حَالٌ adalah mubtada yang terdiri dari kata mas}dar  atau isim tafd}il yang mud}>af  kepada mas}dar.
   Contoh:
- قِراءَتِى القرآنَ + مَحْفُوْظًا (حالٌ سدّ مسدّ الخبرِ)
- ذِهابِى إلى الجامعةِ + مَسْرُوْرا  (حالٌ سدّ مسدّ الخبرِ)
- أَسْرَعُ فَهْمى الدرسَ + مَشْرُوْحا (حالٌ سدّ مسدّ الخبرِ)


[1]Abu Syifa, Cara Cepat Membaca dan  Menerjemah Kitab Gundul Metode al-Ankabut, h. 46.

1 komentar:

mubtada dan khabar

A. Pengertian Mubtada dan Khabar Mubtada adalah isim ma’rifa h yang dir a fa dan berada di awal kalimat, sedangkan khabar   adalah  ...