A.Pengertian
Mubtada dan Khabar
Mubtada adalah
isim ma’rifah
yang dirafa
dan berada di awal kalimat, sedangkan khabar adalah
isim yang dirafa
atau jumlah atau syibhul jumlah yang menjelaskan mubtada.[1] Mubtada dan khabar
merupakan dua posisi kata dalam kalimat bahasa Arab yang saling membutuhkan
satu sama lain. Mubtada merupakan posisi kata benda pada awal kalimat, dan
khabar merupakan kata pelengkap dari kalimat yang diawali dengan isim. Kalau
dalam bahasa Indonesia dapat disepadankan dengan struktur kalimat yang terdiri
dari subjek dan predikat. Mubtada adalah subjek dan khabar adalah predikat.
B. Kesesuaian antara mubtada dan khabar
Antara
mubtada dan khabar, ada beberapa hal yang harus disesuaikan dan adapula yang
mesti tidak disesuaikan, yaitu:
1.
Khabar
disesuaikan dengan mubtada dari segi bentuk mufrad, mus|anna, dan jamaknya jika
khabar itu terdiri dari kata sifat dan profesi, kecuali apabila khabarnya
berbentuk jamak taksir yang tidak berakal.
Contoh:
Tas itu murah
|
الشنطة رخيصة
|
2 insinyur laki-laki itu cerdas
|
المهندسان ذكيان
|
Buku-buku itu baru
|
الكُتُبُ جديدة
|
2.
Khabar disesuaikan dengan mubtada dari segi jenis kelamin
antara muz|akkar dan muannas|nya apabila khabar itu terdiri dari kata sifat dan
profesi, kecuali bentuk jamak muannas| salim yang terdiri dari kata-kata yang
tidak berakal. Contoh:
Anak laki-laki itu pemberani
|
الولد شجّاع
|
Mobil-mobil itu mahal
|
السيارات غالية
|
Aisyah itu cantik
|
عائشة جميلة
|
3.
Mabtada dan khabar hukum i’rabnya marfu’. Contoh:
Piring itu bersih
|
الصّحْنُ نَظِيْفٌ
|
Ilmu adalah cahaya
|
االعِلْمُ نُورٌ
|
2 buku itu baru
|
الكتابان جديدان
|
4.
Apabila khabar terdiri dari jumlah fi’liyah maka failnya
harus disesuaikan dengan mubtada, baik dari segi bentuk maupun jenisnya,
kecuali apabila mubtada itu berupa jamak taksir yang tidak berakal, maka
failnya terdiri dari d}amir mufrad muannas|. Contoh:
Ustadz itu sedang shalat
|
الأستاذ يُصلى
|
Orang-orang muslim itu sedang shalat
|
المسلمون يصلون
|
Berita-berita itu tersebar di dunia
|
الأخْبارُ تَنْتَشِرُ فى العالمِ
|
5.
Apabila khabar itu terdiri dari isim jamid, maka
khabarnya disesuaikan dengan mubtada dari segi jenisnya. Contoh:
Janji adalah utang
|
الوعد دَيْنٌ
|
Ilmu adalah cahaya
|
العِلمُ نور
|
Engkau adalah matahari
|
أنتَ شمْسٌ
|
C. Bentuk- bentuk kata benda (isim) yang dapat
berposisi sebagai mubtada
Isim
yang
dapat berposisi sebagai mubtada pada umumnya adalah isim-isim ma’rifah
dan sebagian kecil ada yang terdiri dari isim nakirah. Adapun isim-isim
ma’rifah yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1.
Isim yang ber-alif lam (ال)
Isim yang ber-alif lam adalah isim yang ditambahkan alif lam pada awalnya,
sehingga termasuk salah satu isim ma’rifah dan dapat berposisi sebagai mubtada.
Isim yang dapat dimasuki alif lam adalah seluruh isim z|ahir kecuali isim
‘alam. Isim-isim tersebut terdiri dari isim mufrad, mus|anna dan jamak
muz|akkar salim serta jamak muannas| salim. Adapun contohnya
yaitu:
Hakim itu
adil
|
القاضى عادِلٌ
|
Sekolah itu
luas
|
المدرسة واسعة
|
Dua pemuda
itu beriman
|
الفَتَيَانِ مؤمنان
|
2.
Isim ‘alam
(إسم العلم)
Isim ‘alam terdiri dari isim
mufrad, Isim mus|anna, jamak taksir, jamak muannas| salim, dan jamak muz|akkar
salim yang dapat berupa nama orang, nama negara, nama kota dll. Isim ‘alam
tidak boleh mendapatkan tambahan alif lam (ال) pada awalnya seperti مكة – أحمد- فاطمة dan
sebaliknya apabila isim ‘alam itu memiliki alif lam, maka alif lamnya tetap
mengiringinya selamanya sepertiالقاهرة المدينة – السعودية -
Adapun contoh isim ‘alam yang berposisi sebagai
mubtada:
مبتدأ (اسم العلم) + خبر
Ahmad itu cerdas
|
أَحمدُ ذَكِي
|
Ali berada di depan kelas
|
علِيٌّ أمام فى
الفصل
|
Jepang adalah sebuah negara
maju
|
يابانُ بَلْدَةٌ
مُقَدِّمَةٌ
|
2. isim d}amir (إسم ضمير)
Isim d}amir yang dapat
menduduki posisi sebagai mubtada hanya kata ganti yang terpisah atau tidak bersambung
(ضمير منفصل). Adapun contohnya yaitu:
Dia adalah seorang siswa
|
هو طالب
|
Mereka adalah para guru
laki-laki
|
هم مدرّسون
|
Kalian adalah para wanita terampil
|
أنتنّ ماهرات
|
3.
Isim yang mud}af
Isim mud}af adalah isim yang tidak berdiri sendiri tetapi
selalu bergandengan dengan isim yang ditempatkan setelahnya. Isim yang terdapat
setelah isim mud}af disebut mudafun ilahi. Isim mudaf
tidak boleh bertanwin sedangkan mudafun ilah harus majrur,
apabila berbentuk mus|anna dan jamak muz|akkar salim, maka nun-nya dibuang.
Adapun contohnya yaitu:
Bukunya guru itu baru
|
كتاب المدرّس جديد
|
Mobilnya pegawai laki-laki itu murah
|
سيارة الموظف غالية
|
Bajunya siswa perempuan itu murah
|
قميص الطالبة رخيص
|
4.
Isim isyarah (إسم الإشارة)
Isim isyarah adalah kata tunjuk. Adapun contohnya apabila
berposisi sebagai mubtada yaitu:
Ini sebuah pulpen
|
هذا قلم
|
Ini adalah papan tulis
|
هذه سبورة
|
Mereka itu adalah para ulama
|
أولئك علماء
|
5.
Isim mausul (إسم الموصول)
Isim
maus}ul adalah kata penghubung yang apabila ditempatkan sebagai mubtada maka
isim maus}ul tersebut langsung diletakkan di awal kalimat tanpa ada syihul
jumlah yang berfungsi sebagai s}ilah maus}ul, kemudian baru khabarnya. Adapun
contohnya yaitu:
Orang yang
sedang bercakap bahasa Arab adalah siswa perempuan
|
التى تتكلّم اللغة
العربية طالبٌة
|
Orang yang
keluar dari kelas berkali-kali adalah orang yang malas
|
الذى خرج من الفصل
مرارا فهو كسلان
|
Dua orang
laki-laki yang keluar dari kelas berkali kali adalah orang yang malas
|
اللذان خرجا من
الفصل مرارا فهما كسلان
|
D.Bentuk-bentuk
kata yang dapat
berposisi sebagai khabar
Khabar pada jumlah ismiyah terdiri dari tiga kelompok yaitu:
a.
Khabar mufrad, contoh: الطالبة ماهرة - العلم نور
b.
Khabar jumlah (kalimat), contoh: الغرفة لونها أبيض – التلميذ يكتب الدرس
c.
khabar syibhul jumlah, contoh : الدراجة امام البيت – البقال فى السوق
E.
Syarat
– syarat mubtada yang boleh terdiri dari isim nakirah
Mubtada
pada umumnya berbentuk isim ma’rifah , namun adakalanya berbentuk isim nakirah apabila memenuhi beberapa persyaratan. Adapun
persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin menjadikan isim nakirah berposisi
sebagai mubtada yaitu:
1.
Isim maus}uf (kata benda yang memiliki sifat) nakirah yang berposisi sebagai mubtada, contoh: طالِبٌ ذَكِيٌّ حَاضِرٌ
2.
Isim mud}af yang bermakna لِلتَّخْصِيْصِ (pengkhususan) bukan mud}af ma’rifah, contoh: كِتابُ تِلْمِيْذٍ جَدِيْدٌ
3.
Apabila terdiri dari isim istifha>m (kata
tanya), contoh: مَنْ حَضَرَ فى الفَصْل
4.
Apabila khabarnya terdiri dari syibhul jumlah (jar majrur
atau z|arfun) yang didahulukan dari mubtada, contoh: فى المَدْرَسَةِ تَلامِيْذُ
5.
Apabila khabarnya lebih ditekankan dalam kalimat dari
pada mubtada dengan cara menggunakan kata إنّما atau huruf nafi (النّفْيُ) yang berpasangan dengan huruf kecuali إلاّ, contoh: إنّما رَجُلٌ مُسافِرٌ
6.
Apabila mubtadanya terdiri dari isim yang menunjukkan
doa, contoh: سَلامٌ عَلى إبراهيم
7.
Apabila mubtadanya terdiri dari isim yang menunjukkan
arti sebagian (بَعْضٌ) dan
keseluruhan (كُلُّ), contoh: كُلٌّ ناجِحٌ
8.
Apabila mubtadanya dimasuki lam ibtida (لام الإبْتِداءِ), contoh: لَمُؤمِنٌ شَاكِرٌ
9.
Apabila jumlah ismiyah yang mubtadanya adalah ma>
(ما)
nakirah, yang berarti التعجّبية contoh: ما أَنْفَعَ العلمَ
F.
Mendahulukan Khabar dari Mubtada
Dalam
sruktur jumlah ismiyah ada saatnya khabar didahulukan dari
mubtada. Hal ini dikenal dengan istilah khabar muqaddam. Ada beberapa
alasan khabar yang didahulukan dari mubtada yaitu:
1.
Apabila mubtada
itu dalam bentuk nakirah dan khabarnya terdiri dari syibhul jumlah, contoh:
- فى السوق تُجّارٌ
- أمام المسجد درّاجةٌ
- تحت الشجرة سيّارةٌ
2.
Apabila mubtada bersambung dengan dhamir yang merupakan
kata ganti dari khabar. Contoh:
- فى المدرسة حديقتُها
- مع الشّيخ وَلدُه
- للكتاب فصولُه
3.
Apabila khabar itu terdiri dari kata-kata yang selalu
berposisi sebagai kata pertama dalam kalimat (الصَّدارَةُ) seperti kata tanya dan kata syarat
Contoh: مَنْ فى البيت – ماذا فى
شَنْطَتِكَ
4.
Apabila khabar itu ditekankan dalam kalimat dengan cara
menggunakan huruf nafi> yang berpasangan dengan istis|na atau
ditekankan dalam kalimat dengan mengawali kalimat jumlah ismiyah dengan kata إنّما , contoh: إنّما طالبٌ يدرس – ما مُسافرٌ إلى الخَارِجِيّةِ إلاّ غَنِيٌّ
G.
Mubtada kadang-kadang dijatuhkan dalam kalimat
Ada
beberapa alasan mubtada dijatuhkan dalam kalimat, yaitu:
1.
Apabila kalimat
jumlah ismiyah itu terdiri dari jawaban dari sebuah pertanyaan, contoh:
-
السئال: أين الطبيب؟ الجواب: فى المستشفى = (هو فى المستشفى)
- السئال: إلى أين
الطالب؟ الجواب: إلى الجامعة = (هو إلى الجامعة)
2.
Apabila khabar dari kalimat jumlah ismiyah itu terdiri
dari s}ifat yang terputus (الصِّفَةُ
المَقْطُوْعَةُ), maksudnya adalah si pembicara itu bermaksud memuji (لِلْمَدَحِ) yang memiliki sifat atau mencelanya (لِلذَّمِّ) atau menaruh rasa kasihan (لِلتَّرَحُّمِ) terhadapnya. Contoh:
رأيتُ عَلِيَّا الشُّجّاعُ = هو الشجاع
3.
Apabila khabar terdiri dari judul suatu pembahasan,
contoh:
- علمُ النحوِ =هذا علم النحو
- الباب الأول= هذا الباب الأول
4.
Apabila khabar terdiri dari masdar yang bermakna kata
kerja, contoh:
- قِراءةٌ واضحةٌ = قراءتك قراءة واضحة
- فِكْرَةٌ صالِحَةٌ = فكرتك فكرة صالحة
H.
khabar kadang-kadang dijatuhkan dalam kalimat jumlah ismiyah
Ada beberapa tempat bagi khabar
dalam kalimat bahasa Arab yang terdiri dari jumlah ismiyah, di mana khabar
dijatuhkan yaitu:
1.
Apabila jumlah
ismiyah itu terdiri dari jawaban pertanyaan maka kadang-kadang khabarnya
dijatuhkan. Contoh:
-
من فى الإدارة ؟ فاطمة, أصلها = فاطمة فى الإدارة
- كم كتابا فى
حَقِيْبَتِكَ ؟ ثلاثة كُتُبٍ, أصلها = ثلاثة كتب فى حقيبتك
- ماذا فى جَيْبِكَ ؟
الفُلوْسُ, أصلها = الفلوس فى جيبى
2. Apabila jumlah ismiyah diawali
dengan kata لولا maka khabarnya dijatuhkan, contoh:
- لولا العلمُ لَهَلَكَ الجُهَلاَءُ, أصلها = لولا العلم
(موجودٌ) لَهَلك الجهلاء
- لولا العَقْلُ لَكانَ النّاسُ كَلبَهائِمِ, أصلها = لولا العَقْلُ (موجود) لَكانَ النّاسُ كَلبَهائِمِ
3. Apabila khabar itu terdiri dari
tempat kembalinya khabar syibhul jumlah dari jar majrur dan z|arf. Contoh:
- التّجار فى السوق = التجار+ (خبرٌ مَحْذوفٌ : كائِنون/ مَوْجودونَ) فى السوق
- الموظّفون فى الإدارة = الموظفون + (خبرٌ
مَحْذوفٌ : كائِنون/ مَوْجودونَ) فى الإدارة
- الشَّجَرَةُ جانِبَ الحَديقةِ = الشجرة + (خبرٌ مَحْذوفٌ : كائِنة/ مَوْجودة) فى الحديقة
I. Mubtada adakalanya tidak membutuhkan khabar
Mubtada
adakalanya tidak membutuhkan khabar, tetapi ia membutuhkan fail ((فاعل, naibul fail (نائب الفاعل) atau hal (حال) yang disebut dengan penghalang khabar (سَدَّ مَسَدَّ الخَبَرُ) yaitu:
1.
mubtada yang tidak membutuhkan khabar ini adalah mubtada
yang terdiri dari isim musytaq yang beralif lam dan didahului huruf nafi>
.
contoh:
- ما المطْلوبُ إلاّ مَرْضاتُ اللهِ (فاعلٌ سدّ مسدّ
الخبرِ)
- وما المُعْطِى الرِّزْقَ إلاّ اللهُ (فاعلٌ
سدّ مسدّ الخبرِ)
2.
mubtada yang membutuhkan حَالٌ adalah mubtada yang terdiri dari kata mas}dar atau isim tafd}il yang mud}>af kepada mas}dar.
Contoh:
- قِراءَتِى القرآنَ + مَحْفُوْظًا (حالٌ سدّ مسدّ الخبرِ)
- ذِهابِى إلى الجامعةِ + مَسْرُوْرا (حالٌ سدّ مسدّ الخبرِ)
- أَسْرَعُ فَهْمى الدرسَ + مَشْرُوْحا (حالٌ سدّ مسدّ الخبرِ)
syukronnn min
BalasHapus